Konten marketing yang kreatif tidak dibuat dengan mudah. Ada beberapa informasi yang perlu dikumpulkan dalam pembuatan content marketing, seperti demografi target pasar dan mencari hal unik yang sedang diminati masyarakat. Seorang content marketer juga perlu mencari tahu apakah kontennya berhasil atau tidak.
Tujuan content marketing adalah untuk branding, meningkatkan traffic website atau bisnis yang lebih banyak, mengkonversi traffic menjadi leads, dan tentunya bermuara pada tujuan akhir yaitu penjualan. Untuk itu, content marketer membutuhkan berbagai aplikasi dan alat untuk membantunya menyelesaikan semua itu.
Berikut 10 website konten marketing yang bisa membantu dalam rangkaian mengurus konten.
1. Dimia
Dimia akan sangat membantu para content marketer untuk memberikan insight bermanfaat terkait ide konten, penentuan judul, mencari kata kunci yang tepat, mencari backlink dan mengetahui konten terpopuler dari situs kompetitor.
Untuk menggunakannya, kamu tinggal mengunjungi situsnya dan memasukkan URL situs yang datanya akan diperiksa, seperti situs sendiri dan situs kompetitor. Data yang disajikan dapat dianalisis untuk menentukan strategi yang perlu diambil agar mampu bersaing di bidang yang digeluti.
2. BuzzSumo
Agar konten yang dibuat selalu up to date, kamu perlu mengetahui hal apa saja yang sedang viral di media sosial. Situs sini menampilkan hal-hal viral di Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Reddit, dan LinkedIn dari tanggal terbaru hingga beberapa waktu yang sudah lewat.
Data yang ditampilkan cukup lengkap, mulai dari demografi, jumlah yang share, media yang menerbitkan konten, dan hal-hal lain yang kamu butuhkan dalam pembuatan content marketing agar menjadi viral ada di sini. Harusnya website ini sangat membantu jika dimanfaatkan oleh para influencer jika sedang kehabisan ide untuk produksi konten.
3. Hootsuite
Layanan yang ditawarkan situs ini sudah banyak digunakan oleh merek-merek besar, seperti Coca-Cola dan Sony Music. Hootsuite memudahkan Anda dalam mengelola media sosial bisnis dengan menampilkan progres bisnis dan interaksi konsumen di berbagai media sosial dalam satu layar.
Keunggulan lainnya adalah adanya penjadwalan upload konten, analytics untuk mengetahui ketertarikan konsumen pada suatu konten, streams untuk menampilkan pengguna yang berinteraksi dengan brand Anda, dan assignments untuk mendelegasikan tugas ke seluruh tim.
4. Mailchimp
Agar pesan tersampaikan dengan luas dan mengena di hati konsumen, seorang content marketer tidak boleh berhenti di media sosial. Konten perlu dikirimkan langsung ke kontak konsumen dengan menggunakan teknik e-mail marketing.
Untuk melakukannya, Anda bisa memanfaatkan Mailchimp yang mampu mengirim hingga ribuan surel dalam satu waktu. Selain itu, situs ini terintegrasi dengan Google Analytics untuk menampilkan hasil analisis, seperti apakah surel yang dikirimkan lebih banyak mendatangkan pelanggan baru?
5. Google Analytics
Mengetahui jumlah kunjungan ke website, bounce rate, konversi, produk terlaris, dan kisaran pendapatan juga diperlukan dalam usaha pemasaran. Untuk mendapatkan laporan yang ditampilkan secara visual tersebut, Anda membutuhkan Google Analytics.
Dengan membuat akun Google Analytics, website konten marketer ini bisa dikoneksikan dengan Google Ads yang jumlah penjualan, kualitas landing page, dan jumlah lead yang dihasilkan bisa dipantau dari layar yang sama. Google Analytics ini sebelumnya juga sudah dibahas pada website untuk belajar digital marketing yang juga bisa kamu pelajari.
Kamu bisa melihat engagement dan aktivitas dari pada pengunjung situsmu mulai dari usia, demografi wilayah tempat tinggal, perangkat yang digunakan, provider yang digunakan, jenis kelamin, dan lainnya. Dengan mengetahui data pengunjung tersebut tentunya dapat membantu dalam menyuguhkan konten yang sesuai dengan minatnya.
6. Google Ads
Satu lagi produk Google gratis yang dibutuhkan content marketer, yaitu Google Ads. Dari website ini, kamu dapat merancang iklan di Google, website, dan aplikasi seluler. Cara kerjanya adalah dengan menyesuaikan antara kata kunci yang dicari pengguna dan yang dipasang pengiklan.
Fitur lain pada Google Ads yang bisa membantu pengiklan antara lain penjadwalan iklan, pengaturan berapa bujet yang dikeluarkan untuk setiap iklan, dan penargetan iklan yang sesuai dengan target demografi yang ditembak.
7. Ahrefs
Banyak hal yang dapat ditawarkan Ahrefs pada seorang content marketer. Beberapa di antaranya adalah mengetahui kata kunci yang dipakai kompetitor, melacak peringkat kata kunci yang digunakan, dan mengetahui kesehatan website hingga performa konten. Alat ini juga dapat digunakan untuk mesin pencari selain Google.
Untuk akses Ahrefs gratis, kamu bisa koneksikan situs milikmu dengan Ahrefs melalui Google Search Console. Dan jika ingin riset keyword gratis, kamu bisa kunjungi https://ahrefs.com/keyword-generator. Oh ya, konten yang sedang kamu baca ini juga memanfaatkan Ahrefs free keyword loh dalam menentukan kata kunci yang related.
8. Unsplash
Dalam membuat konten, kadang kamu membutuhkan gambar. Selain mengambil gambar sendiri, Kamu juga bisa mendapatkan gambar gratis lisensi tanpa terkendala hak cipta, salah satunya dari Unsplash.
Unsplash sendiri menyediakan beragam kategori gambar, seperti wallpaper, gambar 3D, hingga pola. Kamu hanya perlu mengetikkan kata kunci dan koleksi gambar di sana pun muncul dalam resolusi tinggi.
9. Canva
Website desain gratis yang digandrungi banyak orang saat ini adalah Canva. Canva menyediakan templat gambar dalam berbagai kategori dan niche. Kamu bisa langsung menggunakan templat yang sudah ada atau membuat sendiri dari nol. Bahkan kamu bisa menjual karya yang telah kamu buat dengan mendaftar Canva Creator.
Website ini juga menyediakan berbagai format, seperti presentasi, video, dan media sosial. Kamu bisa membuat konten untuk feed IG, halaman facebook, infografis, poster dan lainnya di sini dengan sangat mudah. Bahkan untuk pemula yang tidak paham dengan dunia desain.
10. SurveyMonkey
Selain menggunakan Analytics, kamu juga bisa melakukan survei menggunakan layanan SurveyMonkey untuk mengetahui segala hal yang disukai konsumen dan mendapatkan kritik serta masukan. Layanan ini tentunya bisa sangat membantu dalam mengevaluasi sebuah bisnis.
Kamu jadi tau bagian mana yang perlu dibenahi dan mana yang perlu dipertahankan dengan menampung kritik saran dari para pelanggan. Dengan SurveyMonkey ini kamu dapat langsung mendapatkan hasil analisa secara langsung.
Itulah 10 website content marketing yang dapat mempermudah pekerjaan serta memutus kebuntuan dalam menemukan ide. Biar makin oke, pelajari juga cara membuat website bisnis yang SEO frendly agar pengunjung makin banyak.
Tinggalkan Balasan