Perusahaan dengan brand awareness rendah akan kesulitan dalam mendapatkan pelanggan. Jangankan mendapat pelanggan, mungkin orang juga tidak tahu apa-apa tentang perusahaan itu. Agar tidak makin rugi, perusahaan dapat menggunakan content marketing untuk meningkatkan brand awareness bisnis. Cari tahu lebih banyak mengenai content marketing di sini.
Apa itu Content Marketing?
Content marketing adalah pendekatan pemasaran dengan distribusi konten yang relevan dan konsisten sebagai fokusnya. Untuk menarik perhatian target pasar, kontennya harus dibuat sangat menarik.
Kontennya bisa berupa artikel, foto, video, infografik atau podcast. Penyebaran kontennya dilakukan di media sosial, website, atau blog. Dengan konten ini perusahaan dapat membangun hubungan yang baik dengan audience mereka.
Untuk saat ini, tidak sulit untuk membuat konten marketing karena sudah ada banyak website untuk membuat content marketing yang bisa dimanfaatkan. Silahkan pelajari info lengkapnya dan dapatkan insight yang powerfull untuk kamu aplikasikan ke dalam brand dan bisnismu.
Manfaat Content Marketing untuk Brand Awareness Bisnis
Perusahaan yang baru dirintis belum memiliki brand awareness yang kuat. Karena itu, mereka harus meningkatkan brand awareness agar perusahaan makin dikenal. Makin luas perusahaan dikenal, makin banyak pula konsumen yang tertarik dengan perusahaan tersebut.
Content marketing dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan brand awareness bisnis mereka. Konten yang dibuat dan disebarkan itu dapat dijadikan sebagai alat promosi dan pengenalan kepada konsumen. Agar konsumen tertarik dengan konten tersebut, isi kontennya harus relevan dengan bisnis dan dapat menjawab pertanyaan atau kebutuhan konsumen.
Tidak hanya menyebarkan konten di media sosial, blog, atau website sendiri, perusahaan pun dapat menyebarkannya di media lain. Contohnya dengan guest post, di mana perusahaan membuat artikel yang di-posting di website lain, yang umumnya sudah memiliki audience tersendiri, untuk meningkatkan exposure terhadap konten perusahaan.
10 Website Terbaik untuk Belajar Digital Marketing
Cara Menggunakan Content Marketing untuk Brand Awareness
Setelah memahami apa itu content marketing dan manfaatnya terhadap brand awareness bisnis, berikut ada cara menggunakan content marketing dengan baik:
Memaksimalkan Konten Media Sosial
Media sosial menjadi tempat utama konsumen dalam melihat konten. Di sinilah mereka akan menemukan berbagai konten seperti caption, foto, video, atau podcast dari berbagai perusahaan.
Supaya tidak kalah saing, lihat tren terbaru di media sosial lalu integrasikan dengan konten perusahaan. Jadwal posting pun harus dibuat dengan teratur agar menjaring lebih banyak audience. Jangan lupa untuk menambahkan tags atau keterangan lain memperluas visibilitas konten.
Membuat Website dan Blog Informatif
Selain media sosial, konsumen sering mencari tahu informasi mengenai perusahaan lewat website dan blog. Bila website dan blog dibuat dengan informatif, konsumen bisa dengan mudah menemukan informasi penting mengenai perusahaan. Silahkan buka cara membuat website yang SEO friendly agar situs lebih mudah ditemukan di Google.
Isi artikel dalam blog dibuat bervariasi, tetapi tetap berhubungan dengan bisnis. Hal ini untuk menghindari artikel monoton yang membuat konsumen lebih cepat bosan. Buat juga artikel yang berisi penjelasan mengenai produk perusahaan seperti artikel tutorial agar konsumen baru bisa mengetahui cara menggunakan produk.
Lakukan Analisis Konten
Jangan pikir hanya dengan membuat konten dan menyebarkannya maka brand awareness bisnis langsung meningkat pesat. Kenyataannya, ada banyak konten dengan performa yang buruk. Konten tersebut hanya menjangkau sedikit konsumen.
Oleh karena itu, perusahaan harus rajin dalam menganalisis konten yang di-posting. Jika beberapa konten tertentu memiliki engagement yang lemah, perusahaan harus melakukan evaluasi konten di masa mendatang. Cari hal yang membuat orang tidak tertarik dengan konten tersebut dan perbaiki kontennya.
Membuat Guest Post
Blog di perusahaan baru mungkin belum memiliki traffic yang tinggi. Supaya konten dan perusahaan dapat dikenal lebih luas, buatlah guest post di blog lain untuk meningkatkan traffic blog perusahaan.
Perusahaan dapat menyisipkan backlink di guest post agar ranking blog perusahaan makin tinggi. Ranking yang tinggi itu akan membuat blog mudah ditemukan di mesin pencarian.
Tambahkan juga CTA atau click-to-action di akhir posting-an untuk mendorong pembaca untuk comment, share, atau klik backlink yang berpengaruh pada engangement rate.
Bekerja sama dengan Influencer
Pengaruh besar membuat influencer menjadi pilihan yang menguntungkan dalam mempromosikan perusahaan. Perusahaan dapat bekerja sama dengan influencer media sosial dalam membuat konten yang menarik sehingga pengikut influencer tersebut mengenali dan tertarik dengan perusahaan, bahkan tidak jarang influencer membuat konten promosi perusahaan menjadi viral.
Menggunakan content marketing dapat membantu dalam meningkatkan brand awareness bisnis. Dibutuhkan kreativitas yang tinggi agar konten-konten yang dibuat itu selalu menarik bagi para konsumen. Perusahaan pun harus selalu update mengenai tren di pasaran agar setiap kontennya relevan dengan tren yang ada.
Tinggalkan Balasan