Pengumuman Ringkasan Risalah Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan

PENGUMUMAN RINGKASAN RISALAH
RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM TAHUNAN

Guna memenuhi ketentuan Pasal 49 ayat (1) dan Pasal 51 ayat (1) Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 15/POJK.04/2020 tentang Rencana dan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Terbuka (“POJK 15”), Direksi PT DIAMOND CITRA PROPERTINDO Tbk (“Perseroan”) dengan ini mengumumkan Ringkasan Risalah Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan (“Rapat”) sebagai berikut:

A. Rapat Perseroan telah diselenggarakan pada:
Hari/Tanggal: Rabu, 18 Agustus 2021;
Waktu : Pukul 10.19’ s/d pukul 11.27’ WIB;
Tempat : Dave Apartment, Meeting Room Lantai 2, Jalan Palakali Raya, Kukusan Beji, Kota Depok 16425.

B. Mata acara Rapat adalah sebagai berikut:

  1. Persetujuan Laporan Tahunan Perseroan termasuk di dalamnya pengesahan Laporan Keuangan Perseroan dan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2020.
  2. Persetujuan untuk memberikan pembebasan dan pelunasan sepenuhnya (acquit et de charge) kepada seluruh Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah mereka jalankan selama tahun buku 2020, sejauh tindakan-tindakan pengurusan dan pengawasan tersebut tercermin dalam Laporan Tahunan Perseroan dan Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2020, kecuali perbuatan penggelapan, penipuan dan tindakan pidana lainnya.
  3. Penetapan dan persetujuan penggunaan laba bersih Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2020.
  4. Laporan realisasi penggunaan dana hasil Penawaran Umum Perdana Saham Perseroan.
  5. Persetujuan pemberian wewenang kepada Dewan Komisaris untuk menunjuk Kantor Akuntan Publik Independen yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dalam rangka audit Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021 dan untuk menetapkan honorarium/biaya Akuntan Publik Independen serta persyaratan penunjukan lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

C. Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan yang hadir dalam Rapat adalah sebagai berikut:
DEWAN KOMISARIS:
Komisaris Independen : Bapak IWAN GUNARWAN BAROTO;
Komisaris : Bapak TJANDRA TJOKRODIPONTO.
DIREKSI:
Direktur Utama : Bapak ADAM;
Direktur : Bapak BAYU SETIAWAN.

D. Berdasarkan daftar hadir para pemegang saham Rapat, tercatat jumlah saham yang hadir atau diwakili dalam Rapat sebanyak 6.082.667.100 (enam miliar delapan puluh dua juta enam ratus enam puluh tujuh ribu seratus) saham yang merupakan 84,75% (delapan puluh empat koma tujuh lima persen) dari seluruh saham yang telah dikeluarkan oleh Perseroan, yang mempunyai hak suara yang sah sebagaimana dipersyaratkan Anggaran Dasar Perseroan dan POJK 15.

E. Perseroan telah memberikan kesempatan kepada pemegang saham dan kuasa pemegang saham untuk mengajukan pertanyaan dan/atau memberikan pendapat sebelum dilaksanakannya pengambilan keputusan untuk setiap mata acara Rapat.

F. Dalam Rapat, tidak terdapat pemegang saham atau kuasa pemegang saham yang mengajukan pertanyaan dan/atau memberikan pendapat terkait mata acara Rapat.

G. Mekanisme pengambilan keputusan Rapat:
Mekanisme pengambilan keputusan Rapat dilakukan secara musyawarah untuk mufakat. Namun apabila musyawarah untuk mufakat tidak tercapai, maka pengambilan keputusan dalam Rapat dilakukan dengan cara pemungutan suara (voting) secara terbuka. Pemegang Saham diperkenankan memberikan suara melalui Electronic General Meeting System KSEI (eASY.KSEI) yang disediakan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (“KSEI”).

Hasil pemungutan suara:
Adapun pada saat pengambilan keputusan untuk setiap usulan keputusan yang diajukan, tidak terdapat pemegang saham dan kuasa pemegang saham yang mengajukan keberatan (tidak setuju) atau memberikan suara blanko, sehingga keputusan seluruh mata acara Rapat diambil berdasarkan suara bulat.

Mata Acara Rapat Pertama:

Menyetujui dan mengesahkan Laporan Tahunan yang antara lain memuat Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan, untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2020 dan mengesahkan Neraca dan Perhitungan Laba Rugi Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2020 yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik HELIANTONO & Rekan dengan pendapat wajar dalam semua hal yang material, kinerja keuangan dan arus kas konsolidasiannya untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut, sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia sebagaimana ternyata dari Laporan Auditor Independen No: 000872/2.0459/AU.1/03/1664-1/1/III/2021 tanggal 4 Maret 2021.

Mata Acara Rapat Kedua:

Menyetujui untuk memberikan pembebasan dan pelunasan sepenuhnya (acquit et de charge) kepada seluruh Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah mereka jalankan selama tahun buku 2020, sejauh tindakan-tindakan pengurusan dan pengawasan tersebut tercermin dalam Laporan Tahunan Perseroan dan Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2020, kecuali perbuatan penggelapan, penipuan dan tindakan pidana lainnya.

Mata Acara Rapat Ketiga:

Menyetujui penetapan penggunaan laba bersih tahun buku 2019 yang dapat diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk sebesar Rp 11.164.429.795,- (sebelas miliar seratus enam puluh empat juta empat ratus dua puluh sembilan ribu tujuh ratus sembilan puluh lima Rupiah), dengan perincian sebagai berikut:

  1. Sebesar Rp 1.116.442.979,- (satu miliar seratus enam belas juta empat ratus empat puluh dua ribu sembilan ratus tujuh puluh sembilan Rupiah) disisihkan sebagai dana cadangan, sesuai dengan ketentuan Pasal 70 Undang Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas;
  2. Sisanya sebesar Rp 10.047.986.816,- (sepuluh miliar empat puluh tujuh juta sembilan ratus delapan puluh enam ribu delapan ratus enam belas Rupiah) akan dibukukan sebagai laba ditahan Perseroan untuk memperkuat permodalan jangka panjang dan dalam rangka mendukung pertumbuhan bisnis serta rencana investasi Perseroan.

Mata Acara Rapat Keempat:

Menerima pertanggungjawaban realisasi penggunaan dana hasil Penawaran Umum Perseroan, sehingga dengan demikian memberikan pembebasan dan pelunasan (acquit et de charge) sepenuhnya kepada anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah mereka lakukan terkait dengan penggunaan dana hasil Penawaran Umum Perseroan sepanjang tindakan-tindakan tersebut tercermin dalam Laporan Tahunan dan Laporan Keuangan Perseroan.

Mata Acara Rapat Kelima:

  1. Mendelegasikan wewenang penunjukan Akuntan Publik yang akan mengaudit laporan keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021, kepada Dewan Komisaris Perseroan dalam rangka memperoleh Akuntan Publik yang sesuai, dengan ketentuan kriteria dan batasan Akuntan Publik dan Kantor Akuntan Publik yang dapat ditunjuk adalah merujuk pada ketentuan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 13/POJK.03/2017, termasuk menyetujui pemberian wewenang kepada Dewan Komisaris untuk menetapkan honorarium dan persyaratan lainnya yang wajar bagi Akuntan Publik tersebut.
  2. Menyetujui pemberian wewenang kepada Dewan Komisaris untuk menetapkan Akuntan Publik pengganti dalam hal Akuntan Publik yang telah ditunjuk sesuai keputusan Rapat, karena alasan apapun tidak dapat menyelesaikan/melaksanakan audit laporan keuangan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021, dalam rangka memperoleh Akuntan Publik yang sesuai, dengan ketentuan kriteria dan batasan Akuntan Publik pengganti dan Kantor Akuntan Publik pengganti yang dapat ditunjuk adalah merujuk pada ketentuan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 13/POJK.03/2017, termasuk menyetujui pemberian wewenang kepada Dewan Komisaris untuk menetapkan honorarium dan persyaratan lainnya yang wajar bagi Akuntan Publik pengganti tersebut.

Depok, 20 Agustus 2021
PT DIAMOND CITRA PROPERTINDO Tbk
Direksi Perseroan

pdf file klik disini