Lakukan IPO, Diamondland Raih Pendanaan Hingga Rp218 Miliaran

Lakukan IPO, Diamondland Raih Pendanaan Hingga Rp218 Miliaran

PT Diamond Citra Propertindo, Tbk.(Diamondland Group), perusahaan yang bergerak dibidang properti, akan menggelar Penawaran Umum Perdana Saham atau Initial Public Offering (IPO) dengan kode saham “DADA”

Selain itu Perseroan juga akan melepas 2.147.000.000 (dua miliar seratus empat puluh tujuh juta) saham atau setara dengan 29,91% dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan setelah IPO. Selain itu Perseroan menunjuk PT Shinhan Sekuritas Indonesia dan PT UOB Kay Hian Sekuritas selaku Penjamin Pelaksana Emisi Efek.

PT Diamond Citra Propertindo Tbk. dan juga Entitas Anak yakni PT Arba Propertindo merupakan pengembang dari Dave Apartment dan Apple Residence 1 dan Apple Residence 3 dan juga Central Park South Sentul. Sebelum IPO, 99,30% kepemilikan saham Perseroan dimiliki oleh KPII.

Adam Bilfaqih, Presiden Direktur PT Diamond Citra Propertindo Tbk. menjelaskan, langkah Perseroan masuk dalam Bursa Efek Indonesia melalui IPO adalah strategi Perseroan untuk menambah opsi pendanaan. “Selain itu menjadikan tata kelola yang lebih baik bagi Perseroan. Kinerja Perseroan sampai tahun 2019 masih mencatatkan pertumbuhan yang positif,” imbuh Adam.

Sementara itu, Direktur PT Shinhan Sekuritas Indonesia Satrio Hadi Waskito menyatakan, selama masa penawaran umum pada tanggal 4 sampai dengan 7 Februari 2020, PT Diamond Citra Propertindo, Tbk memperoleh minat yang sangat positif. “Kelebihan permintaan saham dari hasil penjatahan pusat sebanyak 2.5 kali sedangkan kelebihan permintaan saham dari hasil Pooling Over Subscribe sebanyak 150 kali.

Dari aksi korporasi ini Perseroan memperoleh dana sebesar Rp218.994.000.000,- (dua ratus delapan belas miliar sembilan ratus sembilan puluh empat juta Rupiah). Seluruh dana yang diperoleh Perseroan dari IPO ini digunakan untuk meningkatkan setoran modal di Entitas Anak, yaitu PT Arba Propertindo.

“Dan selanjutnya sebanyak Rp199,4 Miliar akan digunakan PT Arba Propertindo untuk mengakuisisi lahan di Bogor dan sisanya untuk modal kerja,” tegas Adam yang menjelaskan bahwa PT Diamond Citra Propertindo Tbk. berdiri pada 2015 dan merupakan bagian dari Diamondland Group yang berdiri sejak tahun 2004.

Perseroan bergerak di bidang properti dengan proyek yang tersebar di Jakarta, Depok, dan Tangerang. Pada tahun 2016, Perseroan membangun Dave Apartment yang berlokasi di Depok, berdekatan dengan Universitas Indonesia yang merupakan proyek hunian vertikal pertama Perseroan.

Lebih lanjut pada tahun 2018, Perseroan mengakuisisi PT Arba Propertindo dengan proyek Apple Residence, Apartemen Low-Rise yang berlokasi di TB. Simatupang dan kemudian pada tahun 2019 Perseroan melaksanakan proyek Apple Residence 3 yang berlokasi di Cilandak, Jakarta Selatan.